Manfaat Menulis untuk Kehidupan

Foto: Siti Nurhaifa
Menulis merupakan suatu kegiatan penyampaian pesan atau perasaan seseorang mengenai suatu hal melalui tulisan. Kegiatan menulis dikatakan mudah dilakukan bagi mereka yang sudah terbiasa menulis dan dikatakan sulit untuk mereka yang belum terbiasa menulis.

Kemampuan seseorang dalam menulis berbeda-beda, tergantung pada latar belakang penulis. Jika seorang penulis menguasai permasalahan yang akan ia angkat ke dalam tulisan, maka tulisannya akan menarik dan lengkap.

Menulis ternyata juga bermanfaat untuk diri sendiri maupun pembaca, di antaranya:

1. Mencegah Kepikunan

Menulis dapat melatih kinerja otak untuk terus berpikir, karena melalui kegiatan tersebut otak dapat terus bekerja mencari kosakata atau referensi lain. Jika seseorang sering melatih kerja otak, maka ia akan terhindar dari pikun atau minimal akan memperlambat pikun.

2. Membuat Hidup Menjadi Produktif

Menulis bisa membuat hidup kita menjadi produktif dan waktu yang dihabiskan menjadi berharga. Karena kita turut andil dalam memberi informasi untuk masyarakat.

3. Sebagai Media Belajar

Dengan menulis, wawasan seseorang juga akan bertambah karena ia pasti mencari informasi mengenai topik yang akan ia paparkan ke dalam tulisan, saat mencari dan mengumpulkan informasi inilah sebenarnya kita sedang berada dalam fase belajar.

4. Menghasilkan Ide-Ide Baru

Menulis membuat seseorang akan terus berpikir dan berusaha mengembangkaan pemahaman dan kemampuan dirinya, sehingga akan memotivasi dirinya untuk menemukan ide-ide baru dalam tulisannya.

Ide-ide baru hanya bisa didapatkan dari pemikiran yang aktif, terus mengembangkan kemampuan berpikirnya, dan dengan menulis makan ide-ide baru akan terpikirkan.

5. Media Mengajar Jarak Jauh

Tulisan dapat dijadikan media mengajar jarak jauh, karena hasil menulis berupa ilmu-ilmu yang dibuku-kan bisa dipelajari mereka di rumahnya maupun di tempat lain. Terlebih pada era digital saat ini, mulai bermunculan e-book atau buku elektronik yang bisa dibeli melalui online tanpa harus mencarinya di toko buku. Hal tersebut menjadi motivasi bagi penulis untuk dapat mendidik seseorang melalui tulisan-tulisannya.

6. Media Perekam Sejarah

Menulis merupakan satu dari sekian banyak perekam jejak sejarah. Selama ini peristiwa yang terjadi di masa lalu bisa kita ketahui di antaranya melalui tulisan, karena aksara-aksara tersebut tidak akan hilang, berbeda dengan otak yang bisa mengalami pikun dan melupakan suatu peristiwa.

7. Membentuk Pribadi Bijak yang Santun

Menulis membuat kepribadian seorang penulis akan semakin bijak dan santun. Karena ia telah mempelajari banyak hal dan terus mengembangkan tulisannya. Ia bukan hanya belajar dan mengambil faedah ilmu secara mentah-mentah, tapi ia juga banyak mempelajari gaya bahasa dan format tulisan yang menjadi referensi untuk tulisannya.

8. Media Komunikasi yang Baik

Menulis membuat kita berkomunikasi dengan orang lain, melalui tulisan kita bisa menyampaikan apa yang kita inginkan, menyebarkan apa yang kita gagaskan, dan mengajak orang lain untuk berpikir. Kita pun bisa membuat orang lain menangis, tertawa, tersenyum, tersadar, dan tergugah untuk bangkit dari keterpurukan dan semangat.

Komentar

  1. Ternyata banyak sekali manfaat dari menulis, picture yang bagus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Siti Anisa, semoga tulisan saya menginspirasi. Terimakasih.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Sejarah Pojok